Sering kali tidak Anda sadari bahwa
orang-orang menjauh saat Anda sedang berbicara. Bersikap acuh saat Anda
berbicara di meeting, dan presentasi ke client sering gagal. Mungkin
Anda tidak menyadarinya, saat kita akan bernegoisasi dan terlalu banyak bicara,
kita akan kalah. Yang harus dilakukan adalah separuh bicara separuh lagi
mendengar. Jadi kenapa kita harus banyak bicara? Karena bicara jauh lebih mudah
dari pada mendengarkan. Membuat kita berpikir semua berada di bawah kendali.
Saat Anda mampu untuk mendengarkan
orang lain, maka hal itu akan memperkaya diri Anda selamanya. Dan ada
keterampilan mendasar yang begitu penting dalam aspek kehidupan dan karir maupun
bisnis, yaitu “mendengarkan”.
Berikut tips agar Anda memiliki
kemampuan mendengar yang lebih baik.
Sesuaikan sikap dan cara Anda
berpikir. Perhatikan setiap kata dengan
seksama dan jangan langsung mengambil kesimpulan atau memotong pembicaraan
orang lain. Belajar untuk menghargai dan memberi kesempatan orang lain untuk
mengemukakan pendapatnya.
“Buang” beban dikepala Anda. Tidak banyak orang yang mau mendengarkan dengan
sungguh-sungguh. Ingatkah kapan terakhir kali Anda bisa mendengarkan dengan
tenang? Yang sering kita lakukan adalah menunggu orang berhenti berbicara.
Berhentilah berpikir seperti itu, dengarkanlah dengan seksama. Perhatikan gerak
tubuh, bahasa, suara si pembicara. Dengan demikian Anda pun secara tidak
langsung bisa mempelajari karakter si pembicara.
Reflection. Ketika giliran Anda untuk berbicara, coba untuk mengulangi
apa yang tadi mereka katakan. Anda akan mengetahui apakah Anda menyimak dengan
baik atau tidak.
Hilangkan ego. Hilangkan ego Anda dan bertindaklah yang sesuai. Seorang
pebisnis berkata “do you want to fill your ego or your bank account?”.
Mementingkan ego sudah pasti akan sangat merugikan Anda. Oleh karena itu
hilangkan ego Anda untuk mendapatkan hasil yang terbaik.
Make yourself win. Sekali Anda bisa menjadi pendengar yang baik,
maka orang lain akan menaruh kepercayaan pada Anda. Pada saat itulah komunikasi
dimulai dan Anda dapat mengutarakan tujuan Anda. Jagalah komunikasi yang sudah
terjalin dengan terus menjadi pendengar yang baik agar terjalin hubungan yang
saling menguntungkan dalam pekerjaan maupun bisnis Anda.
0 komentar:
Posting Komentar